Saturday, January 4, 2014

Pengertian Pembaruan (Inovasi) Pendidikan - Modul 1

Pengertian Inovasi/Pembaruan

Inovasi merupakan suatu ide, hal-hal yg praktis, metode, cara, barang2 buatan manusia yg diamati atau dirasakan sebagai sesuatu yg baru bagi seseorg atau sekelompok org (masyarakat).

Adanya inovasi tidak terlepa dengan adanya teknologi dan moderenisasi. Teknolpgi mewujudkan terciptanya inovasi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan moderenisasi yang merupakan wujud penerapan hasil teknologi dan inovasi tersebut.
Karakteristik inovasi menurut Rogers meliputi : keuntungan relative, kompatibel, kompleksitas, trialibilities dan dapat diamati.

Inovasi penemuan diadakan untuk memecahkan masalah guna mencapai tujuan tertentu. Kaitan antara inovasi, teknologi dan modernisasi ialah diterapkannya inovasi di dalam masyarakat pemakai.

Pengertian Inovasi  Pendidikan

Inovasi pendidikan digunakn untuk memecahkan masalah pendidikan atau untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Inovasi pendidikan di Indonesia dapat dilihat dari 4 aspek, yaitu inovasi terhadap tujuan pendidikan, struktur pendidikan dan pengajaran, isi kurikulum pengajaran serta perubahan terhadap aspek-aspek pendidikan dan proses.

Beberapa inovasi pendidikan pada tingkat sekolah dasar salah satunya yaitu adanya SD Pamong untuk anak terlantar dan putus sekolah.

Latar Belakang Kehadiran Inovasi dalam Bidang Pendidikan

Latar belakang kehadiran inovasi diawali dengan adanya perkembangan masyarakat atau perubahan social. Perubahan social ini menimbulkan dampak,  yaitu adanya perubahan paradigma pendidikan.

Perubahan social menimbulkan adanya perkembangan inovasi pendidikan ditandai dengan adanya 4 revolusi.Paradigma pendidikan selama ini telah mengalami 3 paradigma yaitu, paradigm pengajran (teaching), pembelajaran (instruction), proses belajar( learning). Munculnya cyber learning sebagai salah satu inovasi dalam pembelajaran di abad ke-21 merupakan bentuk proses belajar tanpa batas.

Perkembangan Inovasi Pendidikan

Proses inovasi adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan individu atau organisasi, mulai sadar atau tahu adanya inovasi sampai pada menerapkan. Model-model  proses inovasi yg berorientasi pada individu dikemukakan oleh  beberapa ahli , yaitu Lavidge dan stainter, Collay, Roger, Robertson, Shoemaker, Klunglan, Zaltman, dan Brooker.

Model-model  proses inovasi pada organisasi dikemukakan oleh Milo, Sherpad, Hage, dan Aiken, Wilson, Zaltman, Duncan, Holbek. Model proses inovasi dalam organisasimenurut Zaltman,Duncan, Holbek meliputi 2 tahap , yaitu, tahap pearmulaan, dan tahap penerapan (implementasi).

Tahap permulaan terdiri dari dua langkah yaitu pengeahuan, dan kesadaran; langkah pembentukan sikap terhadap inovasi dan langkah pengambilan keputusan. Tahap penerapan (implementasi )meliputi langkah awal mencoba menerapkan sebagian inovasi dan langkah kelanjutan pembinaan dan penerapan inovasi.


No comments:

Post a Comment