RENCANA
PERBAIKAN PEMBELAJARAN (RPP)
(SIKLUS
1)
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV/I
Hari/Tanggal : Kamis, 22 Oktober 2014
Pertemuan
ke- :
2 (dua)
Alokasi
Waktu : 1x35 menit
I.
Standar
Kompetensi
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai
denah
II.
Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan tempat sesuai
dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
III.
Indikator
- Menjelaskan
letak tempat yang ada pada denah
- Menjelaskan
jalan menuju suatu tempat sesuai denah
IV.
Tujuan
Pembelajaran
- Peserta
didik dapat menejelaskan letak tempat pada denah dengan benar
- Peserta
didik dapat menjelaskan dengan benar jalan menuju suatu tempat dengan
menggunakan denah
V.
Tujuan
Perbaikan Pembelajaran
Melalui metode demonstrasi, peserta didik dapat menjelaskan letak
tempat pada denah dengan benar
VI.
Materi
Pembelajaran
Denah
Denah adalah gambar yang
menunjukkan letak suatu tempat. Dengan
denah, kita bisa dengan mudah menemukan suatu lokasi yang akan kita tuju.
Selain itu, dengan denah juga kita akan
mudah memberi tahu orang lain yang mencari alamat. Untuk mempermudah pencarian,
biasanya pada bagian atas denah diberi keterangan arah utara.
VII.Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Demonstrasi
-
Tanya Jawab
VIII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal (± 5 menit)
1. Mengondisikan
peserta didik ke dalam situasi belajar mengajar yang kondusif dengan cara
mengatur tempat duduk, berdoa, mengabsen, menyiapkan media pembelajaran, dan
memusatkan perhatian. (± 2 menit)
2. Memberikan
apersepsi dengan pertanyaan : Papan tulis berada di sebelah mana kalian? (± 2 menit)
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai. (± 1 menit)
B.
Kegiatan
Inti (± 20 menit)
1. Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang
denah. (± 2 menit)
2. Beberapa
peserta didik menjelaskan kembali tentang denah (± 2 menit)
3. Peserta
didik menyimak demonstrasi mengenai denah (± 4 menit)
4. Beberapa
peserta didik mendemonstrasikan kembali tentang denah (± 5 menit)
5. Beberapa
peserta didik diberi kesempatan untuk membantu temannya dalam melakukan
demonstrasi (± 3 menit)
6. Peserta
didik diberi kesempatan untuk bertanya mengenai hal-hal yang kurang dipahaminya
(± 2 menit)
7. Peserta
didik menyimak penjelasan dari pertanyaan yang diajukannya (± 2 menit)
C.
Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Peserta
didik menyimpulkan keseluruhan materi dalam kegiatan pembelajaran yang telah
berlangsung (± 3 menit)
2. Peserta
didik mengerjakan tes evaluasi (± 10 menit)
3. Peserta
didik diberikan tindak lanjut berupa nasehat untuk mempelajari kembali materi
yang telah dipelajarainya di rumah (± 2 menit)
IX.
Media
dan Sumber Pembelajaran
A. Media
-
Gambar denah
-
Lingkungan kelas
-
Siswa
B. Sumber
-
Silabus Bahasa
Indonesia Kurikulum KTSP 2006
-
Tim Bina Karya
Guru tahun 2007 Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga Pelajaran 1
Halaman halaman 3
X.
Evaluasi/Penilaian
A. Prosedur Tes : Tes akhir
B. Jenis : Tulisan
C. Bentuk : Pilihan Ganda
D. Alat/Instrumen : Soal di bawah ini
Soal
Pilihlah jawaban
yang paling tepat!
1.
Gambar yang
menunjukkan letak suatu tempat disebut.....
a.
Denah b. Gambar c. Lukisan d.
sketsa
2.
Arah atas pada
denah biasanya menunjukkan arah.....
a. Timur b. Barat c. Utara d.
Selatan
3.
Gambar yang
jarang terdapat pada denah adalah......
a. Rumah b. Sekolah c. Jalan d.
Binatang
Perhatikan denah berikut ini
untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
4.
Masjid berada di
sebelah ....... rumah Budi
a.
Timur b. Kanan c. Kiri d.
Selatan
5.
Di sebelah timur
rumah Jajang ada.....
a. Masjid
b. Sekolah c. Rumah Budi d. Lapangan
E.
Kunci
Jawaban
1. a.
Denah
2. c.
Utara
3. d.
Binatang
4. c.
Kiri
5. b.
Sekolah
F.
Kriteria
Penilaian
-
Setiap jawaban
benar diberi nilai 20
-
Nilai maksimal
adalah 5x20=100
Supervisor 2,
SUTIAWAN
MEGANTARA, M.Pd
|
Garut, Oktober
2015
Guru
Kelas,
HADIMAN, S.Pd
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
YAYA
MULYANA, S.Pd.I
No comments:
Post a Comment